Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih antivirus (I)

November 21, 2007 at 9:13 am Tinggalkan komentar

Disaat setiap orang semakin dipusingkan dengan perkembangan virus yang semakin hari semakin canggih dan meresahkan maka perlu mempertimbangkan suatu program software yang menolong pengguna komputer mengatasi masalah-masalah yang ditimbulkan oleh virus. Salah satu program yang dimaksud adalah antivirus.
Antivirus adalah sebuah program yang berusaha untuk mengenali, mencegah, menghentikan dan menghapus (jika memungkinan) virus komputer dan kode-kode jahat lainnya baik dengan cara mencarinya didalam hardisk atau media penyimpanan lainnya maupun didalam memori proses. Ada banyak perusahaan maupun non perusahaan yang menawarkan antivirus dipasaran baik yang terkenal maupun yang tidak terkenal, sebutkan saja Symantec, Norton, McAfee, Kaspersky, Nod32, Avast, Norman, AVG, TrendMicro, PCcilin. Hal ini terkadang justru membuat konsumen pengguna komputer semakin bingung menentukan pilihan yang mana yang terbaik. Tak jarang juga ada konsumen pengguna komputer yang tidak mengetahui nama-nama diatas bahkan mendengarnya pun tidak.
Berbicara soal yang mana antivirus yang terbaik adalah seperti berbicara soal perempuan mana yang paling cantik atau lelaki mana yang paling ganteng dimana semuanya itu tergantung pada siapa yang memandang, bagaimana dia memandang dan dari sudut mana dia memandang serta pake mata atau kacamata mana dia memandang.
Tetapi secara garis besar dapat dikatakan semua antivirus sehebat dan secanggih apapun jika tidak diupdate ibarat sebuah rumah yang dijaga satpam tetapi satpamnya tidak punya pengetahuan alias pinpinbo. Jadi hal terpenting pertama setelah memiliki antivirus adalah mengupdatenya. Bicara soal update tentu membingungkan bagi orang awam, apanya yang diupdate?
Setidaknya ada 2 hal yang diupdate:
1. Virus definition file
2. Scanner engine
Dari hal ini kita mendapat satu masukan yang perlu diperhatikan dalam menentukan antivirus mana yang akan kita pakai yaitu harus menyediakan virus def dan scanner engine update.
Hal lain yang harus diperhatikan adalah antivirus harus memiliki kemampuan untuk memindai (scanning) semua drive, apakah itu floppy (A.B), hardisk (C,D,..) termasuk juga dengan flashdisk, memory card dan removeable disk lainnya

Entry filed under: Computer, Computer Security. Tags: .

Pengenalan komputer Gambaran umum yang seharusnya anda ketahui tentang CPU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2007
S S R K J S M
    Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 45,961 hits

%d blogger menyukai ini: