Gambaran umum yang seharusnya anda ketahui tentang CPU

November 21, 2007 at 9:18 am Tinggalkan komentar

CPU singkatan dari Central Processing Unit, dalam bahasa Indonesia berarti pusat unit pemroses. yaitu processor. Adapun processor yang dikenal orang pada umumnya adalah pentium. Ketika seseorang membeli komputer maka dia atau temannya akan bertanya pentium berapa yang kamu beli? Dan jawaban yang diberikan biasanya Pentium 3 atau Pentium 4. Bagi orang awam jawaban seperti ini sudah memuaskan tetapi bagi orang yang mendalami ilmu komputer seharusnya tidak. Karena jawaban Pentium 3 atau 4 itu masih terlalu umum, karena untuk kelas Pentium 4 saja masih ada seri dan versi yang berbeda-beda. Hal-hal yang perlu ditanyakan misalnya berapa kecepatan prosessornya dan berapa lebar FSBnya, contoh: Pentium 4 3,2GHz 533MHz.
Tetapi dalam artikel ini saya tidak akan membahas CPU dalam pengertian processor karena akan ada pembahasan khusus tentang itu nanti.
Dalam artikel ini saya membahas CPU dalam pengertian awam yaitu satu paket komponen apa yang ada dalam casing.
Komponen pertama tentulah casing itu sendiri, casing adalah tempat melekatnya semua komponen utama dalam melakukan proses komputasi.
Komponen kedua adalah PSU (Power Supply Unit) atau Unit catu daya yang menyediakan sumber kelistrikan bagi komponen yang memerlukan.
Komponen ketiga adalah mainboard atau sering juga disebut motherboard, saya tidak tahu kenapa motherboard dan kenapa tidak fatherboard. Yang pasti mainboard ini memang papan utama tempat melekatnya komponen-komponen strategis yang tidak tergantikan. Adapun komponen lain yang melekat pada mainboard adalah Processor, Memory, VGA card, Sound Card, LAN card, serta kartu-kartu tambahan lainnya. Juga pada mainboard ini nantinya keyboard, mouse, monitor, HDD, Diskdrive dihubungkan.
Pada mainboard juga tersedia beberapa port untuk melakukan komunikasi dengan hardware lainnya misalnya port PS2 untuk keyboard, port SERIAL, port COM, port PARALLEL untuk printer dan port USB untuk segala jenis device pada masa kini. (saya kira suatu saat saya akan bahas tentang port).
Komponen keempat adalah Hardisk tempat penyimpanan data dan memory pemrosesan sementara. Jadi semua data dan program yang diinstal di sebuah komputer secara default disimpan dalam hardisk karena hardisk adalah primary storage device.
Komponen kelima adalah diskdrive yang bisa berupa CDrom dan DVDrom adalah tempat penyimpanan tambahan untuk data dan program yang sering juga disebut secondary storage device.
Komponen keenam dan terakhir karena sudah ditinggalkan dimasa sekarang ini adalah floopy disk tempat disket ukuran 3,5 inchi.
Adapun urutan yang saya buat menurut prioritas tertinggi maksudnya tanpa adanya komponen kelima dan keenam maka sebuah CPU sudah dapat dioperasikan.
Jadi sebuah CPU hanya membutuhkan PSU, mainboard, prosesor, memory, VGA card dan hardisk untuk bisa dioperasikan selebihnya adalah device tambahan yang kalau tidak ada tidak masalah dan kalau ada membuat pemakai menjadi lebih baik.

Entry filed under: Computer, Computer Hardware. Tags: .

Apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih antivirus (I) Apa itu virus? (an introduction)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


November 2007
S S R K J S M
    Mei »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 45,961 hits

%d blogger menyukai ini: